Home > Tips > 4 Hal yang Disukai Pembeli Saat Belanja Online. Kamu Harus Tau!

4 Hal yang Disukai Pembeli Saat Belanja Online. Kamu Harus Tau!

By Admin | June 5th 2018, 09:52:36 AM

Sebagai penjual online, kamu pastinya ingin barang daganganmu laris manis, terjual habis. Bahkan kalau perlu sampai mendapat banyak request untuk segera re-stock ketika barang sold out. Hal ini akan membuatmu semangat terus dalam menjalankan dan menekuni bisnismu ini. Tapi, di balik kepuasan pelanggan yang membuat daganganmu laris, ada kiat-kiat yang perlu kamu lakukan. Terlebih dahulu kamu perlu mengenali siapa pembeli daganganmu dan apa yang mereka sukai. Sebelum melakukan proses pembelian tentunya ada yang mereka harapkan darimu sebagai penjual. Kamu dituntut peka terhadap harapan mereka. Di samping strategi bisnis, kamu juga perlu menyiapkan diri untuk hal ini. Nggak perlu bingung dulu JX Fans, berikut akan kami beri bocoran hal apa saja yang biasanya pembeli harapkan saat mereka belanja online. Perhatikan baik-baik, ya!


Produk Sesuai dengan yang Di-display dalam Toko

Pembeli ingin barang yang mereka beli sama persis seperti yang telah kamu pajang dalam toko online-mu. Mulai dari warna, ukuran, motif, hingga harga barang. Berikan deskripsi produk sejelas-jelasnya, bahkan kalau perlu kamu gunakan foto asli yang kamu ambil sendiri. Perhatikan juga catatan khusus pembeli dalam aplikasi atau kotak pesan. Kalau produk habis segera update dengan memberikan catatan pada deskripsi.


Pelayanan yang Baik

Selalu ingat pepatah “pembeli adalah raja.” Memberikan pelayanan yang baik adalah wajib hukumnya sebagai penjual. Pembeli selalu ingin dilayani dan diperhatikan dengan baik dan ramah. Mereka ingin kamu tanggap terhadap pertanyaan dan keluhan yang mereka sampaikan dalam komentar/kotak pesan. Mereka akan memberikan penilaian buruk ketika pelayanan kamu kurang ramah dan late response. Anggap mereka adalah sahabatmu yang ingin didengar saat mereka memiliki masalah dan membutuhkan bantuanmu. Bersabar adalah kuncinya.


Barang Ingin Cepat Sampai

Hal yang membuat pembeli ketagihan belanja online adalah barang yang dipesan cepat sampai. Sekali mereka merasa puas dengan hal ini, biasanya mereka akan melakukan pembelian ulang di toko online-mu di waktu lain. Sebagai penjual, kamu perlu nih, cepat tanggap dan segera merespons pesanan mereka. Rata-rata pembeli akan kapok membeli kalau barang yang mereka pesan belum juga datang sampai tiga hari setelah mereka melakukan pembayaran. Di sini kamu juga perlu memerhatikan jenis ekspedisi yang menjadi partner-mu.


Kemasan Rapi dan Cantik


The last but not least pembeli terkesan dengan kemasan yang rapi dan cantik. Kemasan yang rapi menandakan bahwa barang di dalamnya tetap terjaga dengan baik. Ini juga membuktikan bahwa kamu benar-benar memerhatikan pelangganmu. Ditambah lagi kalau kemasan yang kamu berikan terlihat cantik dan menarik. Mereka merasa seperti mendapat sekotak hadiah walaupun mereka sendiri yang membelinya. Mereka juga nggak akan segan untuk mem-posting kemasan tersebut sekaligus memberikan testimonial pengalaman mereka belanja di toko online-mu. Teman-teman mereka yang melihat postingan tersebut biasanya akan ikut berkunjung untuk window shopping bahkan sampai melakukan pembelian. Tentunya ini akan menjadi potensi penghasilan baru untuk tokomu. Ada baiknya juga nih, kamu merancang desain kemasan terlebih dahulu agar toko online-mu semakin terkonsep dengan baik.

 

Selamat mencoba untuk toko online-mu, ya! Semoga pelangganmu puas, dan orderan makin deras :).

More from Tips