Home > Tips > Ketahui 5 Pertanyaan Pembeli di Toko Online Berikut Ini. Perlu Kamu Pahami!

Ketahui 5 Pertanyaan Pembeli di Toko Online Berikut Ini. Perlu Kamu Pahami!

By Admin | June 5th 2018, 12:42:47 PM

Saat kamu memajang barang dagangan di toko online-mu, calon pembeli memiliki berbagai pertanyaan dalam benak mereka. Apalagi kalau barang yang kamu jual adalah produk handmade yang enggak jarang menimbulkan banyak pertanyaan. Kekhawatiran-kekhawatiran dari calon pembeli ini yang memicu munculnya pertanyaan tersebut. Karena tidak adanya pertemuan di antara kalian dan mereka tidak dapat memilihat barang secara langsung, maka enggak heran kalau calon pembeli terkesan ‘bawel’. Sebagai penjual, kamu perlu memaklumi sikap calon pembelimu ini. Agar dapat memahami calon pembelimu, ada baiknya kamu membekali diri dengan daftar pertanyaan yang biasanya diajukan oleh pembeli di toko online berikut ini:

1. Ada warna apa saja?

Warna produk pada foto yang kamu unggah bisa saja berubah, terlihat lebih terang atau malah tampak redup. Begitu juga yang mungkin dilihat oleh calon pembelimu. Ini bisa disebabkan oleh perbedaan spesifikasi ponsel atau laptop yang kamu dan mereka gunakan. Di deskripsi produk tercantum warna navy misalnya, tapi karena foto produk yang diunggah bukan foto high resolution atau apabila kamu mengambil foto langsung dan pencahayaannya yang terlalu redup menyebabkan warna navy pada produk menjadi samar dan pembeli akan melihat produk berwarna hitam.


2. Ada ukuran apa saja?


Apabila produk yang dijual berkaitan dengan ukuran anggota badan, enggak jarang nih penjual mendapat pertanyaan seperti ini. Pembeli ingin baju atau sepatu, contohnya, yang mereka beli di toko online-mu dapat sesuai dengan ukuran mereka walau mereka enggak menjajalnya terlebih dahulu layaknya di off store. Untuk meyakinkan mereka kamu perlu menjelaskan detail ukuran-ukuran produk yang kamu jual. Tambahkan juga keterangan ukuran produkmu mengikuti standar lokal atau luar negeri, karena biasanya ukuran tersebut berbeda.


3. Terbuat dari apa?

Pertanyaan selanjutnya yang biasanya menentukan calon pembeli akan membeli produkmu adalah bahan pembuat produk. Ini menjadi pertimbangan mereka jika mereka memang memiliki beberapa concern terhadap jenis bahan tertentu yang dapat memengaruhi kesehatan mereka. Seperti misalnya alergi terhadap jenis bahan kain.


4. Bagaimana cara menggunakannya?


Kalau kamu menjual produk yang memerlukan beberapa tahap untuk menggunakannya, maka kamu perlu mencantumkan semua prosedur agar pembelimu enggak kebingungan. Walaupun kamu sudah mencantumkan prosedur pemakaian produkmu dalam kemasan, pembeli tetap bisa menanyakan hal tersebut kembali.


5. Barangnya ready stock enggak?


Pertanyaan satu ini pasti yang paling sering ditanyakan oleh calon pembeli. Ketersediaan stok produk menjadi perhatiaan calon pembeli kalau mereka sudah tertarik dengan salah satu produkmu. Kamu perlu jeli melihat produk mana yang menjadi best seller agar ketika run out of stock kamu bisa segera memproduksinya kembali. Jangan sampai saat banyak yang berniat membeli produkmu itu kondisi barang malah sedang habis.


Kelima pertanyaan-pertanyaan yang biasa diajukan oleh calon pembeli di atas bisa berguna banget nih, buat kamu sebagai penjual baru yang ingin mengetahui bagaimana perilaku pembeli di lapak online-mu. Usahakan tetap ramah dan informatif ketika menjawab, ya. Berikan jawaban yang meyakinkan mereka, kalau bisa ceritakan keseluruhan deksripsi produk. Akan lebih mudah lagi kalau kamu punya situs resmi untuk memajang semua produkmu selain di media sosial.

More from Tips