Home > Tips > Memilih Jasa Pengiriman Barang

Memilih Jasa Pengiriman Barang

By Marketing | June 12th 2018, 03:27:23 PM

Pernah terbayang harus mengirim paket langsung ke lokasi pelanggan tanpa ada bantuan jasa ekspedisi? Sulit tentunya. Ditambah lagi dengan geografis Indonesia yang merupakan kepulauan yang dihubungkan oleh perairan. Waktu, biaya antar, dan jumlah paket menjadi pertimbangan kamu menggunakan perantara yaitu jasa pengiriman barang atau ekspedisi. Dengan adanya perusahaan-perusahaan ekspedisi, kebutuhan primer atau sekunder semakin mudah terpenuhi.

Kebutuhan ini termasuk belanja online. Hanya dengan satu ketukan di layar smartphone kamu dapat membeli barang-barang yang menjadi kebutuhanmu. Termasuk juga kamu sebagai pegiat toko online atau e-commerce yang mesti mengirimkan barang ke pembeli. Ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan dalam memilih jasa ekspedisi agar barangmu tetap aman dan utuh selama perjalanan hingga sampai di tujuan. Yuk, simak poin-poinya di bawah ini!


1.       Cari Informasi tentang Perusahaan Ekspedisi yang Populer Dipakai Orang

Sebelum mengirim barang ada baiknya nih, kamu selidiki terlebih dahulu perusahaan ekspedisi yang sudah banyak dan sering orang pakai. Cari tahu informasi mengenai beberapa perusahaan ekspedisi dan bandingkan di antara beberapa pilihan tersebut. Kamu bisa cari melalui internet, media cetak dan elektronik, atau dari review orang-orang yang sudah pernah menggunakan layanannya. Kamu juga harus cermat memerhatikan apakah perusahaan ekspedisi tersebut masih aktif atau tidak, karena ini menyangkut legalitas perusahaan. Cara ini perlu dilakukan untuk mencegah dan meminimalkan hal-hal yang bisa merugikanmu.


2.       Pilih Layanan yang Bisa Kamu Lacak

Pilih jasa ekspedisi yang menyediakan fitur cek resi dan tracking di website ataupun aplikasi mobile. Dengan fitur ini kamu bisa memonitor barangmu secara real time. Jadi, pengirim dan penerima bisa sama-sama melacak keberadaan barang, estimasi waktu pengiriman, dan informasi lainnya.


3.       Pilih yang Memiliki Banyak Armada dan Rute yang Lengkap

Jasa ekspedisi yang bagus biasanya memiliki berbagai jenis armada dalam jumlah yang banyak, mulai dari sepeda motor, mobil van, mobil pick up, truk fuso, truk engkel, truk CDD, hingga container. Lalu pastikan juga jasa ekspedisi yang kamu pilih memiliki rute atau tujuan kota pengiriman yang lengkap. Tidak semua jasa ekspedisi memiliki rute pengiriman yang sama, bisa saja ada batasan antar pulau, antar provinsi, atau antar negara.


4.       Pilih Layanan Ekspedisi yang Sesuai Kebutuhanmu

Sesuaikan kebutuhan pengiriman barangmu dengan jasa ekspedisi yang akan kamu pilih. Biasanya jasa ekspedisi memiliki beberapa produk layanan pengiriman. Ada layanan sehari sampai, delapan jam sampai, reguler (tiga hari), atau layanan pengiriman yang disesuaikan dengan jenis barang yang akan dikirim, seperti makanan dan minimum, sayur dan buah, atau tumbuh-tumbuhan. Perhatikan juga ya, mengenai tarif layanannya. Kamu perlu mencurigai jika ada jasa ekspedisi yang menawari tarif murah namun dengan kualitas premium. Tarif tentunya akan mengikuti kualitas dari pengiriman tersebut. Contohnya, tarif layanan pengiriman sehari sampai pastinya akan lebih mahal dibandingkan pengiriman reguler. Jasa ekspedisi yang baik akan menjaga keseimbangan antara mutu pelayanan dengan tarif yang ditawarkan.

Apa kamu punya tips dan trik lainnya dalam memilih jasa pengiriman barang? Yuk, share bareng JX di kolom komentar di bawah! Selamat mempraktikkan!

More from Tips