Home > Update > 3 Keuntungan Menggunakan COD bagi Pebisnis Online

3 Keuntungan Menggunakan COD bagi Pebisnis Online

By Marketing | July 9th 2020, 01:19:30 PM

Kita mungkin sudah tidak asing lagi mendengar istilah payment gateway. Bagi pebisnis dan pembeli online, keberadaan payment gateway ini memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Jenisnya pun semakin beragam seiring dengan berkembangnya bisnis online atau e-commerce. Sekarang ini, bisa dipastikan setiap toko online atau e-commerce sudah menggunakan satu atau lebih payment gateway untuk mendukung penjualan mereka. Karena selain memberikan kemudahan transaksi, payment gateway menyajikan pilihan yang sesuai dengan kenyamanan kepada masing-masing pembeli. Adanya pilihan ini, pebisnis online dapat menjangkau pembeli dari berbagai pengguna payment gateway tersebut.

Sebelum hadirnya sistem pembayaran ini, kita sudah lebih akrab dengan metode pembayaran transfer bank, baik melalui ATM maupun SMS atau mobile banking. Lalu, ada juga cash on delivery atau yang biasa disingkat menjadi COD, yaitu metode pembayaran di tempat ketika barang yang dipesan tiba. Dengan kata lain, kesepakatan pembelian terjadi ketika barang yang dibeli sudah sampai di alamat tujuan. Pada awalnya, COD dilakukan secara langsung oleh penjual dengan pembeli di tempat yang sudah ditentukan bersama sebelumnya. Namun, pada perkembangannya COD dapat dilakukan oleh perantara kurir dari jasa ekspedisi yang dipercaya oleh penjual untuk mengantar paket yang dipesan oleh pembeli.

Selain variasi atau pilihan produk, ketersediaan beragam metode pembayaran juga akan memengaruhi pertimbangan pembeli untuk melakukan pembelian atau tidak, termasuk COD. Walaupun dianggap sudah tidak hits lagi, tetapi nyatanya COD masih dapat diandalkan untuk dijadikan strategi penjualan. Ada tiga alasan kenapa kamu perlu menggunakan COD sebagai salah satu metode pembayaran di toko online-mu. Mau tau apa saja? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1.    Membuat pembeli menjadi lebih percaya

Alasan kenapa COD masih digunakan oleh pebisnis online adalah karena pembeli menjadi lebih percaya dengan produk yang dijual. COD memberikan pembeli kepastian bahwa toko online-mu sungguh-sungguh ada, alias bukan akun toko bodong yang menjual produk palsu. Mereka akan lebih merasa aman dari penipuan karena mereka bisa memastikan dan membayar barangnya di tempat. Maka dari itu, tidak jarang pebisnis online menggunakan COD sebagai salah satu strategi pemasaran mereka untuk meningkatkan penjualan. Karena ketika pembeli sudah percaya, maka mereka akan melakukan pembelian ulang atau bahkan ikut merekomendasikan kepada teman-temannya untuk berbelanja di toko online-mu.

 

2.    Membangun reputasi toko online

Setelah pembeli percaya, maka hal itu akan berdampak kepada reputasi toko online-mu yang menjadi semakin baik. Ada banyak kekhawatiran yang dirasakan oleh seorang pembeli saat belanja online. Keamanan paket dan kesesuaian produk menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh mereka. Untuk membuat mereka merasa aman, kamu bisa menggunakan COD sebagai salah satu metode pembayaran yang kamu rekomendasikan. COD dapat menjadi jaminan bagi pembeli karena mereka baru akan membayar saat barang tiba di tempat.

 

3.    Memberi solusi alternatif pembayaran

Keuntungan berjualan secara online adalah kita dapat menjangkau pembeli lebih luas. Kita bisa mencapai pembeli yang berada di luar kota atau bahkan luar pulau. Pembeli pun tidak hanya berasal dari kota-kota besar saja, tetapi juga bisa berasal dari kota-kota kecil hingga pedesaan. Mungkin masih terdapat kendala bagi pembeli yang berada di kota kecil dan pedesaan jika metode pembayarannya hanya bisa melalui bank transfer, karena faktor lokasi ATM yang jauh atau belum mempunyai akses ke mobile/internet banking. Oleh karena itu, kehadiran COD bisa menjadi solusi alternatif pembayaran yang memberikan kemudahan dan kepraktisan kepada pembeli yang berada di daerah-daerah tersebut. Dalam kata lain, kita bisa meraih lebih banyak lagi segmen pembeli, bukan hanya pengguna ATM dan internet/mobile banking, melainkan mereka yang masih mengandalkan transaksi tunai. 

Setelah kamu mempelajari ketiga alasan COD di atas dan sudah yakin untuk menggunakannya di toko online-mu, maka tahap selanjutnya adalah mencari tahu lalu bekerja sama dengan ekspedisi yang melayani pembayaran COD. Carilah ekspedisi yang memberikan layanan COD dengan kelebihan: pencairan uang lancar, fee murah, dan uang pembayaran dari pembeli dijaga dan disimpan dengan aman. Ketiga kelebihan ini ada di JX, lho! JX mempunyai layanan pengiriman ke lebih dari 3.000 kecamatan se-Indonesia dengan metode pembayaran COD.

Sejak 2015, JX sudah menjadi partner logistik yang berpengalaman dalam menangani COD untuk pebisnis online. Selain melayani COD dengan proses pencairan lancar, fee murah, dan uang aman, JX masih memiliki kemudahan metode pembayaran lainnya, yaitu CSOD atau Card Swipe on Delivery. Dengan CSOD, pembeli tetap bisa melakukan pembayaran di tempat ketika barang tiba, hanya saja bisa menggunakan kartu debit atau kredit. JX membekali kurir, yang kami sebut dengan Smiling Warrior, dengan mesin EDC agar pembeli dapat menikmati pengalaman pembayaran CSOD ini. Jadi, jangan khawatir jika pembeli tidak memiliki uang tunai ketika barang sampai, karena pembayaran masih dapat dilakukan dengan kartu debit atau kredit.

Banyak online seller yang bergabung dengan JX dan sudah merasakan kemudahan dan kenyamanan COD untuk para pelanggannya. Tidak hanya itu, COD juga dianggap mampu menaikkan omzet penjualan mereka dan menjadi salah satu payment gateway yang efektif. Selanjutnya adalah kamu! Kunjungi media sosial kami di Facebook Fan Page PT Jaya Ekspress Transindo dan Instagram @jx.indonesia untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai COD dan CSOD. Atau kirimkan pertanyaanmu seputar pengiriman dan sistemnya ke email hello@j.express.id. Kamu juga bisa langsung mendaftarkan toko online-mu di www.j-express.id/business-register, gratisss!

More from Update