Home > News > 5 Tren Unik Pendorong Wirausaha di 2020

5 Tren Unik Pendorong Wirausaha di 2020

By Marketing | February 28th 2020, 05:45:30 PM

Menjadi seorang wirausaha pasti sudah mengetahui betapa kompetitifnya persaingan dunia bisnis. Supaya bisa bertahan, kita harus memanfaatkan kemajuan teknologi dan nggak bosan untuk terus berinovasi. Kemajuan teknologi yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa dalam segala bidang dan aspek kehidupan manusia saat ini sehingga dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Berbekal dengan teknologi tersebut, muncullah berbagai inovasi keren untuk mendukung kebutuhan manusia sehari-hari, termasuk untuk berbisnis. Peran teknologi ini tidak bisa dipisahkan dari dunia bisnis, karena dapat memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan dalam menjalankan aktivitas bisnis.

Supaya bisnismu dapat terus berkembang dan beradaptasi dengan perubahan, bekali dirimu juga dengan informasi tren-tren bisnis terkini. Berikut lima tren unik yang dilansir dari entrepreneur.com yang diharapkan bisa mendorong pertumbuhan bisnis para wirausaha pada tahun 2020.

1.    Menangkap demografi generasi millennial

Saat ini generasi millennial menjadi pasar konsumen paling besar yang disasar oleh brand. Generasi millennial dianggap sebagai peluang dan mampu tumbuh dengan cepat. Perusahaan harus segera memindahkan pemasaran mereka ke platform digital sebagai ‘habitat’ generasi yang juga dikenal dengan nama Gen Y. Seperti contohnya, YouTube, platform berbasis video ini lebih mudah diakses oleh masyarakat saat ini. Menurut survei VidMob tahun 2019, 59% responden millennial lebih banyak daripada yang mereka dapatkan pada tahun 2018.

 

2.    Gaya hidup ramah lingkungan

Semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya memulai gaya hidup ramah lingkungan. Namun, bagi konsumen gaya hidup sadar lingkungan tidak berhenti pada diet vegetarian dan produk-produk kesehatan organik. Seperti pada pembuat pakaian wanita, mereka membangun produknya dari kain dan serat alami. Untuk ketahanan dan kenyamanan, produsen menggunakan bahan-bahan alami yang bisa menurunkan gas rumah kaca yang diproduksi oleh kegiatan bisnis mereka, baik secara langsung maupun tidak langsung. Menurut Small Business Trends, konsumen baru di ‘pasar hijau’ kian ramai.

 

3.    Pembelajaran mesin dan kemajuan AI

Artificial intelligence (AI) terus berkembang untuk menguntungkan banyak industri yang berbeda. Industri kecerdasan buatan terus tumbuh dan akan memiliki dampak signifikan pada ekonomi dunia di tahun-tahun mendatang. Siri, misalnya, aplikasi terobosan Apple ini didesain untuk menjadi asisten pribadi pintar yang bisa membantumu menyelsaikan banyak hal. Banyak yang dapat Siri lakukan, misalnya, mengirim pesan, menjadwalkan pertemuan, menelepon, setel alarm bahkan memutar lagu dari artis musik favorit kamu. Dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan teknologi yang cerdas, semua bisnis dan konsumen akan mendapat manfaat.

 

4.    E-commerce akan terus mendominasi

Industri e-commerce mempunyai prospek yang cukup cerah dan bisa menjadi tulang punggung ekonomi digital Indonesia. Dalam empat tahun mendatang, e-commerce global diperkirakan akan mencapai sekitar $ 5 triliun, seperti yang dilaporkan oleh Statista, menyebabkan banyak pengecer memindahkan investasi dari etalase toko offline ke toko online. Banyak pembuka usaha yang memanfaatkan kekuatan belanja online hanya dengan memanfaatkan media online untuk mendapat penghasilan dengan jumlah yang besar dalam penjualan.

 

5.    Platform digital terus meningkat

Indonesia telah berkembang menjadi sebuah bangsa digital. Penerapan teknologi digital menjadi salah satu strategi penting baik bagi individu maupun pelaku bisnis. Ketika perusahaan ingin memberikan lebih banyak layanan dan opsi kepada pelanggan mereka, permintaan platform untuk menangani transaksi keuangan, keamanan, dan kebutuhan perbankan terus meningkat. Sebagai contohnya adalah perusahaan dan produk Prime Trust, yang menawarkan one-stop shopping untuk pemilik bisnis dengan menyediakan layanan keuangan dan solusi infrastruktur, menghemat waktu mereka dan menciptakan pengalaman yang lebih nyaman bagi pelanggan, yang merupakan tujuan akhir. Seiring meningkatnya permintaan akan berbagai metode pembayaran, jenis platform perbankan dan keuangan layanan lengkap ini akan diperlukan nantinya.

More from News