Cara Cek Tagihan Listrik Lewat WA: Mudah dan Praktis

Sobat Berita Express, Inilah Cara Cek Tagihan Listrik Lewat WhatsApp yang Mudah dan Cepat!

Sobat Berita Express, saat ini teknologi semakin canggih dan memudahkan semua orang untuk melakukan berbagai hal, termasuk dalam mengakses informasi tagihan listrik. Jika kamu sering menggunakan layanan WhatsApp (WA), kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengecek tagihan listrikmu secara mudah dan praktis!

Menggunakan WhatsApp untuk cek tagihan listrik memiliki banyak kelebihan, seperti kemudahan akses, ketersediaan 24 jam, dan tidak memerlukan koneksi internet yang kuat. Yuk, simak pembahasan lengkapnya di artikel ini, Sobat Berita Express!

1. Persiapkan Nomor Pelanggan dan Aplikasi WhatsApp

Sebelum kamu bisa cek tagihan listrik lewat WA, pastikan kamu telah memiliki nomor pelanggan PLN dan juga aplikasi WhatsApp terpasang di ponselmu. Jika belum memiliki nomor pelanggan PLN, kamu bisa mendapatkannya melalui kartu tagihan listrikmu atau menghubungi call center PLN. Setelah itu, pastikan aplikasi WhatsApp telah terpasang dan terupdate di ponselmu.

Setelah semuanya siap, kamu bisa lanjut ke tahap selanjutnya, Sobat Berita Express!

2. Tambahkan Nomor Layanan PLN di Kontak WhatsAppmu

Untuk memudahkan akses, tambahkan nomor layanan PLN ke daftar kontak WhatsAppmu. Nomor layanan PLN yang harus kamu tambahkan adalah 123. Setelah itu, simpan nomor ini dengan nama yang mudah diingat, misalnya “Layanan PLN”. Agar lebih mudah menghubungi, kamu juga bisa membuat grup dengan nama “Tagihan Listrik” dan menambahkan nomor layanan PLN sebagai anggota grup.

Dengan menambahkan nomor layanan PLN di kontak WhatsAppmu, kamu akan lebih cepat dan mudah dalam mengecek tagihan listrik, Sobat Berita Express.

3. Cara Cek Tagihan Listrik Lewat WhatsApp

Setelah proses penambahan kontak selesai, langkah berikutnya adalah melakukan cek tagihan listrik menggunakan WhatsApp. Caranya cukup mudah, Sobat Berita Express! Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Buka aplikasi WhatsApp dan temukan kontak “Layanan PLN” atau masuk ke grup “Tagihan Listrik”.

b. Ketik pesan dengan format: “Cek tagihan listrik”

c. Kirim pesan tersebut ke nomor layanan PLN (123)

d. Tunggu beberapa saat, layanan WhatsApp akan memberikan balasan otomatis berupa tagihan listrikmu. Dalam pesan tersebut, kamu akan menemukan informasi tentang jumlah tagihan dan jatuh tempo pembayaran.

Dengan langkah-langkah yang sederhana ini, Sobat Berita Express bisa dengan mudah mengecek tagihan listrik lewat WhatsApp tanpa harus repot-repot datang ke kantor PLN atau mengakses website resmi PLN. Perlu diingat, cek tagihan listrik lewat WhatsApp hanya memberikan informasi tagihan, bukan sebagai sarana untuk membayar tagihan.

Tabel Perincian Tagihan Listrik Lewat WhatsApp

Di bawah ini adalah tabel perincian tagihan listrik yang bisa Sobat Berita Express gunakan sebagai referensi:

No. Nama Komponen Jumlah
1 Biaya Pemakaian Listrik Rp 500.000
2 PPN 10% Rp 50.000
3 Biaya Administrasi Rp 10.000
Total Tagihan Rp 560.000

Perincian tagihan listrik di atas adalah contoh biasa dan angka yang tertera akan berbeda-beda tergantung pada pemakaian listrikmu. Dengan mengetahui perincian ini, Sobat Berita Express bisa memahami komponen-komponen yang menjadi faktor penyusun tagihan listrikmu.

Pertanyaan Umum tentang Cara Cek Tagihan Listrik Lewat WhatsApp

1. Apa saja persyaratan untuk cek tagihan listrik lewat WhatsApp?

Untuk cek tagihan listrik lewat WhatsApp, kamu perlu memiliki nomor pelanggan PLN dan aplikasi WhatsApp terpasang di ponselmu.

2. Apakah cek tagihan listrik lewat WhatsApp berbayar?

Tidak, cek tagihan listrik lewat WhatsApp tidak berbayar. Ini merupakan layanan gratis yang disediakan oleh PLN.

3. Apakah bisa cek tagihan listrik lewat WhatsApp tanpa internet?

Tidak bisa. Untuk menggunakan layanan PLN melalui WhatsApp, kamu perlu koneksi internet yang stabil.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan balasan tagihan listrik?

Waktu balasan tagihan listrik lewat WhatsApp bisa berbeda-beda tergantung pada tingkat kepadatan layanan. Namun, biasanya balasan diterima dalam waktu kurang dari 1 menit.

5. Apakah langkah cek tagihan listrik lewat WhatsApp sama dengan cara cek tagihan listrik di konter PLN?

Tidak, cara cek tagihan listrik lewat WhatsApp berbeda dengan cara cek tagihan di konter PLN. Melalui WhatsApp, kamu bisa cek tagihan dengan mudah tanpa harus datang ke konter PLN.

6. Bagaimana jika nomor pelanggan yang dimasukkan salah saat cek tagihan lewat WhatsApp?

Jika nomor pelanggan yang dimasukkan salah, layanan WhatsApp akan memberikan pesan balasan yang berisi informasi bahwa nomor pelanggan tidak ditemukan.

7. Apakah bisa mengecek tagihan listrik melalui WhatsApp di luar jam operasional PLN?

Ya, kelebihan cek tagihan listrik lewat WhatsApp adalah bisa dilakukan kapan saja, 24 jam sehari.

8. Apakah ada batasan waktu kapan tagihan harus dibayar setelah cek tagihan lewat WhatsApp?

Tagihan harus dibayar sesuai dengan jatuh tempo yang tertera dalam pesan balasan tagihan listrik lewat WhatsApp.

9. Apakah nomor layanan PLN untuk cek tagihan listrik lewat WhatsApp dapat digunakan di seluruh Indonesia?

Ya, nomor layanan PLN ini dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia.

10. Apa yang harus dilakukan jika terjadi masalah atau kesalahan dalam pembayaran setelah cek tagihan lewat WhatsApp?

Jika terjadi masalah atau kesalahan dalam pembayaran tagihan setelah cek tagihan lewat WhatsApp, segera hubungi call center PLN untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Kesimpulan

Sobat Berita Express, cek tagihan listrik lewat WhatsApp merupakan cara yang mudah dan praktis untuk mengetahui jumlah tagihan listrik yang harus kamu bayar. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di artikel ini, kamu dapat memeriksa tagihan listrik kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi WhatsApp tanpa harus repot-repot datang ke kantor PLN.

Yuk, manfaatkan teknologi untuk memudahkan hidup sehari-harimu! Jangan lupa untuk mengecek artikel-artikel lain di Berita Express untuk mendapatkan informasi dan tips menarik seputar teknologi dan gaya hidup.