Home > News > JD.ID X-Mart, Toko Tanpa Kasir Pertama di Indonesia

JD.ID X-Mart, Toko Tanpa Kasir Pertama di Indonesia

By Marketing | September 5th 2018, 11:31:39 AM

Sejak kehadirannya di Indonesia pada tahun 2016, JD.ID telah melayani sekitar dua puluh juta masyarakat tanah air. Untuk melayani masyarakat Indonesia, JD.ID membekali diri dengan sembilan gudang yang tersebar di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Dengan adanya sembilan gudang ini, JD.ID ingin memastikan 85% produk yang dibeli pengguna bisa sampai di hari yang sama atau keesokan harinya. Melihat angka pengguna yang semakin bertambah, JD.ID, bersama JD.COM, terus meningkatkan jenis dan mutu layanan untuk memudahkan pengguna berbelanja online dan juga untuk menciptakan pengalaman baru bagi pengguna. Salah satunya adalah dengan diresmikannya JD.ID X-Mart pada tanggal 2 Agustus 2018 lalu.

 

JD.ID X-Mart merupakan toko tanpa kasir pertama di Indonesia (di luar negara asalnya, Cina) yang berlokasi di PIK Avenue. Karena mengusung konsep toko tanpa kasir, JD.ID X-Mart sudah pasti menggunakan teknologi canggih. Ketika kamu akan masuk ke dalam JD.ID X-Mart, kamu harus menunjukkan QR code yang ada di aplikasi mobile di smartphone ke alat verifikasi di gerbang masuk toko. Selain scan QR code dari aplikasi mobile JD.ID, di gerbang masuk tersebut pun ada kamera yang akan mengidentifikasi wajahmu. Setelah itu gerbang akan terbuka dan kamu bisa masuk ke dalam toko.

 

Lalu, barang apa aja sih, yang bisa kamu temukan dan beli di JD.ID X-Mart? Mulai dari pakaian dan fesyen, makanan, kosmetik, aksesoris, sampai produk-produk rumah tangga non-elektronik bisa kamu borong. Terus, kalau enggak ada kasir bagaimana cara bayarnya? Ini yang menjadikan JD.ID X-Mart seru, JX Fans! Masing-masing produk dilengkapi dengan teknologi Radio Frequency Identification (RFID), sehingga tim JD.ID akan mengetahui barang apa saja yang kamu ambil dan bawa keluar toko.

 

Pembayaran barang akan otomatis terhubung dengan akun pengguna di aplikasi JD.ID. Namun saat ini pembayaran baru bisa dilakukan dengan kartu kredit. Padalah angka pengguna kartu kredit di Indonesia masih sekitar 17 juta kartu kredit yang beredar jika dibandingkan dengan pemegang kartu debit yang mencapai sekitar 155,9 juta di Indonesia. Jadi, layanan inovatif JD ini baru bisa dinikmati oleh segelintir orang saja untuk saat ini. Kedepannya, JD.ID akan segera menambahkan metode pembayaran non-tunai lainnya, seperti E-Money, BCA KlikPay, dan ada juga pertimbangan untuk menggunakan layanan E-Wallet.

 

Sudah puas berbelanja di JD.ID X-Mart, saat keluar dari area experience center kamu harus kembali melalui proses identifikasi wajah. Secara otomatis pembayaran akan diproses untuk barang yang dibawa dengan kartu kredit yang ada di aplikasi. Baru deh, pintu keluar akan terbuka! Dengan kehadiran JD.ID X-Mart di PIK Avenue Jakarta ini, mendandakan bahwa Indonesia siap merasakan perubahan dalam cara berbelanja di retail offline.  

More from News