Huawei Mate 40E: Fitur Canggih, Performa Unggulan

Mate 40E merupakan ponsel pintar yang dirilis oleh Huawei pada tahun 2020. Ponsel ini merupakan bagian dari seri Mate 40, yang juga mencakup Mate 40, Mate 40 Pro, dan Mate 40 Pro+. Mate 40E memiliki spesifikasi yang sedikit lebih rendah dibandingkan dengan model lainnya dalam seri ini, tetapi tetap menawarkan fitur-fitur canggih dan performa yang mumpuni.

Mate 40E hadir dengan layar OLED 6,5 inci dengan resolusi 1080 x 2376 piksel. Ponsel ini ditenagai oleh prosesor Kirin 990E, yang dipasangkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Dari segi kamera, Mate 40E memiliki tiga kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama 64MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera telefoto 8MP. Kamera depannya beresolusi 13MP.

Mate 40E memiliki fitur-fitur lain seperti baterai 4200mAh dengan dukungan pengisian cepat 40W, pemindai sidik jari dalam layar, dan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka EMUI 11. Ponsel ini juga memiliki dukungan untuk jaringan 5G.

Mate 40E

Huawei Mate 40E adalah ponsel pintar kelas menengah atas yang dirilis pada tahun 2020. Ponsel ini menawarkan fitur-fitur canggih dan performa yang mumpuni dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan model lainnya dalam seri Mate 40.

  • Layar OLED 6,5 inci
  • Prosesor Kirin 990E
  • RAM 8GB
  • Penyimpanan internal 128GB
  • Kamera belakang 64MP + 8MP + 8MP
  • Kamera depan 13MP
  • Baterai 4200mAh
  • Pengisian cepat 40W
  • Sistem operasi Android 10 dengan EMUI 11

Secara keseluruhan, Huawei Mate 40E adalah pilihan yang tepat bagi pengguna yang mencari ponsel pintar dengan fitur-fitur canggih dan performa yang mumpuni tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Ponsel ini sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari, termasuk bermain game, menonton video, dan menjelajah internet.

Layar OLED 6,5 inci

Huawei Mate 40E dilengkapi dengan layar OLED 6,5 inci yang menawarkan kualitas tampilan yang jernih dan tajam. Layar OLED memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jenis layar lainnya, seperti:

  • Kontras yang tinggi: Layar OLED dapat menghasilkan kontras yang sangat tinggi, sehingga warna hitam akan terlihat lebih pekat dan warna putih akan terlihat lebih cerah.
  • Sudut pandang yang lebar: Layar OLED memiliki sudut pandang yang lebar, sehingga pengguna dapat melihat layar dengan jelas dari berbagai sudut.
  • Konsumsi daya yang rendah: Layar OLED hanya mengonsumsi daya saat menampilkan warna, sehingga dapat menghemat daya baterai.

Layar OLED 6,5 inci pada Huawei Mate 40E sangat cocok untuk menonton video, bermain game, dan menjelajah internet. Layar ini juga mendukung HDR10, sehingga pengguna dapat menikmati konten HDR dengan kualitas gambar yang lebih baik.

Prosesor Kirin 990E

Prosesor Kirin 990E merupakan otak dari Huawei Mate 40E. Prosesor ini memiliki 8 core yang terdiri dari 2 core Cortex-A76 berkinerja tinggi, 2 core Cortex-A76 berkinerja sedang, dan 4 core Cortex-A55 hemat daya. Kirin 990E juga dilengkapi dengan GPU Mali-G76 MP16 yang bertenaga.

  • Performa: Kirin 990E menawarkan performa yang sangat baik untuk penggunaan sehari-hari, termasuk bermain game, menonton video, dan menjelajah internet.
  • Efisiensi daya: Kirin 990E dirancang untuk menjadi efisien daya, sehingga dapat memperpanjang daya tahan baterai Mate 40E.
  • Dukungan 5G: Kirin 990E memiliki modem 5G terintegrasi, sehingga Mate 40E dapat terhubung ke jaringan 5G.
  • AI: Kirin 990E memiliki unit pemrosesan AI khusus yang dapat mempercepat tugas-tugas AI, seperti pengenalan gambar dan pemrosesan bahasa alami.

Secara keseluruhan, Kirin 990E adalah prosesor yang bertenaga dan efisien yang memberikan performa yang sangat baik untuk Mate 40E.

RAM 8GB

RAM (Random Access Memory) adalah komponen penting dalam sebuah ponsel pintar yang berfungsi untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses oleh prosesor. Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak data dan instruksi yang dapat disimpan, sehingga ponsel dapat menjalankan aplikasi dan tugas dengan lebih lancar dan cepat.

  • Multitasking: RAM 8GB memungkinkan Mate 40E untuk menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan tanpa mengalami lag atau penurunan performa.
  • Game: RAM 8GB sangat penting untuk bermain game yang berat di Mate 40E, karena dapat menyimpan tekstur, model, dan data lainnya yang dibutuhkan game untuk berjalan dengan lancar.
  • Pengeditan video dan foto: RAM 8GB memungkinkan Mate 40E untuk mengedit video dan foto dengan lebih cepat dan efisien, karena dapat menyimpan data gambar dan efek yang sedang diproses.
  • Pengalaman pengguna yang lebih baik: RAM 8GB secara keseluruhan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik di Mate 40E, karena dapat membuat aplikasi dan tugas berjalan lebih cepat dan lancar.

Dengan RAM 8GB, Mate 40E dapat menangani berbagai tugas dan aplikasi dengan mudah, sehingga cocok untuk pengguna yang menginginkan ponsel pintar dengan performa yang mumpuni dan pengalaman pengguna yang lancar.

Penyimpanan Internal 128GB

Penyimpanan internal 128GB pada Huawei Mate 40E merupakan komponen penting yang berfungsi untuk menyimpan data pengguna, seperti aplikasi, foto, video, musik, dan dokumen. Kapasitas penyimpanan yang besar ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang semakin meningkat akan penyimpanan data.

Dengan penyimpanan internal 128GB, pengguna Mate 40E dapat menyimpan banyak aplikasi dan game tanpa khawatir kehabisan ruang. Mereka juga dapat menyimpan ribuan foto dan video, serta banyak file musik dan dokumen tanpa perlu menggunakan kartu memori eksternal.

Selain itu, penyimpanan internal 128GB juga meningkatkan performa Mate 40E. Aplikasi dan game dapat dimuat lebih cepat karena data dapat diakses langsung dari penyimpanan internal yang lebih cepat dibandingkan dengan kartu memori eksternal. Hal ini menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih lancar dan responsif.

Secara keseluruhan, penyimpanan internal 128GB pada Huawei Mate 40E merupakan fitur penting yang memberikan banyak manfaat bagi pengguna. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar dan performa yang lebih cepat, Mate 40E dapat memenuhi kebutuhan pengguna akan penyimpanan data dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Kamera Belakang 64MP + 8MP + 8MP

Huawei Mate 40E dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera telefoto 8MP. Kombinasi kamera ini menawarkan berbagai fitur dan kemampuan fotografi yang mumpuni.

  • Kamera Utama 64MP:
    Kamera utama 64MP memiliki resolusi yang sangat tinggi, sehingga dapat menghasilkan foto dengan detail yang sangat tajam dan jernih. Kamera ini sangat cocok untuk mengambil foto pemandangan, arsitektur, dan foto grup.
  • Kamera Ultrawide 8MP:
    Kamera ultrawide 8MP memiliki bidang pandang yang lebar, sehingga dapat menangkap lebih banyak pemandangan dalam satu frame. Kamera ini sangat cocok untuk mengambil foto lanskap, foto arsitektur, dan foto dalam ruangan.
  • Kamera Telefoto 8MP:
    Kamera telefoto 8MP memiliki kemampuan zoom optik 3x, sehingga dapat mengambil foto close-up dengan kualitas yang baik. Kamera ini sangat cocok untuk mengambil foto portrait, foto satwa liar, dan foto objek yang jauh.

Dengan kombinasi ketiga kamera ini, Huawei Mate 40E dapat menghasilkan foto yang berkualitas tinggi dalam berbagai situasi pemotretan. Pengguna dapat dengan mudah beralih antara ketiga kamera untuk mendapatkan hasil foto yang terbaik.

Kamera depan 13MP

Huawei Mate 40E dilengkapi dengan kamera depan 13MP yang terletak di dalam layar. Kamera ini memiliki resolusi yang cukup tinggi untuk menghasilkan foto selfie yang tajam dan jernih. Selain itu, kamera ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti:

  • Mode Potret:
    Mode Potret pada kamera depan Mate 40E dapat menghasilkan foto selfie dengan efek bokeh yang bagus. Efek ini membuat subjek foto terlihat lebih menonjol dan latar belakang menjadi buram.
  • Mode Panorama:
    Mode Panorama memungkinkan pengguna untuk mengambil foto selfie dengan bidang pandang yang lebih luas. Fitur ini sangat cocok untuk mengambil foto selfie bersama teman atau keluarga, atau untuk mengabadikan pemandangan yang indah.
  • Fitur AI:
    Kamera depan Mate 40E juga dilengkapi dengan fitur AI yang dapat mendeteksi wajah dan menyesuaikan pengaturan kamera secara otomatis. Fitur ini membantu menghasilkan foto selfie yang lebih optimal, dengan pencahayaan dan warna yang sesuai.

Kamera depan 13MP pada Mate 40E sangat cocok untuk pengguna yang gemar mengambil foto selfie atau melakukan panggilan video. Kamera ini menghasilkan foto selfie yang berkualitas tinggi dan memiliki fitur-fitur yang dapat mempercantik hasil foto.

Baterai 4200mAh

Huawei Mate 40E hadir dengan baterai berkapasitas 4200mAh yang memberikan daya tahan baterai yang sangat baik. Baterai ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan Mate 40E seharian penuh tanpa perlu khawatir kehabisan daya.

  • Daya tahan sepanjang hari:
    Baterai 4200mAh pada Mate 40E dapat bertahan hingga seharian penuh bahkan dengan penggunaan yang berat, termasuk bermain game, menonton video, dan menjelajah internet.
  • Pengisian cepat 40W:
    Mate 40E mendukung pengisian cepat 40W, sehingga pengguna dapat mengisi daya baterai dengan sangat cepat. Pengisian daya 15 menit dapat mengisi daya baterai hingga 50%.
  • Penghematan daya:
    Mate 40E memiliki fitur penghemat daya yang dapat memperpanjang daya tahan baterai dengan membatasi penggunaan aplikasi dan fitur yang tidak penting.
  • Penggunaan yang efisien:
    Prosesor Kirin 990E pada Mate 40E dirancang untuk menjadi efisien daya, sehingga dapat menghemat daya baterai.

Secara keseluruhan, baterai 4200mAh pada Huawei Mate 40E memberikan daya tahan baterai yang sangat baik dan memungkinkan pengguna untuk menggunakan ponsel mereka seharian penuh tanpa perlu khawatir kehabisan daya.

Pengisian cepat 40W

Pengisian cepat 40W merupakan salah satu fitur penting pada Huawei Mate 40E yang memungkinkan pengguna mengisi daya baterai ponsel dengan sangat cepat. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang sering bepergian atau yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengisi daya ponsel mereka.

  • Kecepatan pengisian yang sangat tinggi:
    Pengisian cepat 40W dapat mengisi daya baterai Mate 40E dari 0% hingga 50% hanya dalam waktu 15 menit. Hal ini sangat menghemat waktu, terutama bagi pengguna yang sering bepergian atau yang memiliki jadwal yang padat.
  • Pengisian penuh yang cepat:
    Dengan pengisian cepat 40W, Mate 40E dapat terisi penuh hanya dalam waktu sekitar 60 menit. Hal ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan pengisian daya standar yang membutuhkan waktu beberapa jam.
  • Penghematan waktu dan kenyamanan:
    Pengisian cepat 40W sangat menghemat waktu dan memberikan kenyamanan bagi pengguna. Pengguna tidak perlu lagi menunggu berjam-jam untuk mengisi daya ponsel mereka, sehingga mereka dapat menggunakan waktu tersebut untuk hal-hal yang lebih produktif atau menyenangkan.
  • Kompatibilitas dengan berbagai perangkat:
    Pengisian cepat 40W tidak hanya kompatibel dengan Mate 40E, tetapi juga dengan perangkat Huawei lainnya yang mendukung pengisian cepat 40W. Hal ini memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk menggunakan pengisi daya yang sama untuk mengisi daya beberapa perangkat.

Secara keseluruhan, pengisian cepat 40W merupakan fitur yang sangat berguna dan nyaman pada Huawei Mate 40E. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengisi daya ponsel mereka dengan sangat cepat, sehingga menghemat waktu dan memberikan kenyamanan.

Sistem operasi Android 10 dengan EMUI 11

Huawei Mate 40E menggunakan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka EMUI 11. Kombinasi sistem operasi dan antarmuka ini memberikan pengalaman pengguna yang sangat baik dan fitur-fitur yang kaya.

Android 10 adalah sistem operasi seluler yang dikembangkan oleh Google. Sistem operasi ini menawarkan berbagai fitur baru, seperti mode gelap, kontrol privasi yang lebih baik, dan fitur berbagi file yang lebih mudah. EMUI 11 adalah antarmuka pengguna yang dikembangkan oleh Huawei. Antarmuka ini menawarkan berbagai fitur tambahan, seperti tema yang dapat disesuaikan, fitur multitasking yang lebih baik, dan asisten cerdas.

Kombinasi Android 10 dan EMUI 11 pada Mate 40E menghasilkan pengalaman pengguna yang sangat baik. Sistem operasi ini berjalan dengan lancar dan responsif, dan antarmuka pengguna mudah digunakan dan disesuaikan. Selain itu, kombinasi ini juga menawarkan berbagai fitur yang dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan pengguna.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Huawei Mate 40E

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang Huawei Mate 40E, beserta jawabannya.

Pertanyaan 1: Apakah Huawei Mate 40E mendukung jaringan 5G?

Ya, Huawei Mate 40E memiliki dukungan untuk jaringan 5G. Ponsel ini dilengkapi dengan modem 5G terintegrasi, sehingga dapat terhubung ke jaringan 5G yang tersedia.

Pertanyaan 2: Berapa kapasitas RAM dan penyimpanan internal pada Huawei Mate 40E?

Huawei Mate 40E memiliki RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB.

Pertanyaan 3: Kamera belakang apa saja yang terdapat pada Huawei Mate 40E?

Huawei Mate 40E memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera telefoto 8MP.

Pertanyaan 4: Berapa kapasitas baterai pada Huawei Mate 40E?

Huawei Mate 40E memiliki baterai berkapasitas 4200mAh.

Pertanyaan 5: Apakah Huawei Mate 40E memiliki fitur pengisian cepat?

Ya, Huawei Mate 40E memiliki fitur pengisian cepat 40W.

Pertanyaan 6: Sistem operasi apa yang digunakan pada Huawei Mate 40E?

Huawei Mate 40E menggunakan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka EMUI 11.

Secara keseluruhan, Huawei Mate 40E adalah ponsel pintar yang menawarkan fitur-fitur canggih dan performa yang mumpuni. Ponsel ini sangat cocok untuk pengguna yang menginginkan ponsel pintar dengan fitur-fitur lengkap dan pengalaman pengguna yang baik.

Baca juga:

  • Review Huawei Mate 40E: Ponsel Pintar 5G dengan Fitur Lengkap
  • Perbandingan Huawei Mate 40E dengan Pesaingnya

Tips Menggunakan Huawei Mate 40E

Huawei Mate 40E hadir dengan berbagai fitur canggih yang dapat membantu penggunanya untuk memaksimalkan produktivitas dan kreativitas mereka. Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan Huawei Mate 40E secara efektif:

Tip 1: Manfaatkan fitur multi-tasking

Mate 40E memiliki fitur multi-tasking yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menggeser jari dari tepi kiri atau kanan layar. Pengguna dapat membuka beberapa aplikasi dalam mode jendela mengambang atau membagi layar menjadi dua bagian untuk menampilkan dua aplikasi secara bersamaan.

Tip 2: Gunakan gerakan navigasi

Mate 40E juga dilengkapi dengan gerakan navigasi yang intuitif. Pengguna dapat mengontrol ponsel mereka dengan gerakan sederhana seperti menggeser jari dari bawah ke atas untuk membuka kunci, menggeser jari dari kiri atau kanan untuk kembali, dan menggeser jari dari bawah ke atas dan menahannya untuk melihat daftar aplikasi yang baru dibuka.

Tip 3: Ambil foto yang lebih baik

Mate 40E memiliki sistem kamera yang sangat baik yang dapat menghasilkan foto berkualitas tinggi. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kamera Mate 40E, pengguna dapat menggunakan fitur seperti mode malam untuk mengambil foto yang jelas dalam kondisi minim cahaya, mode potret untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh yang indah, dan mode pro untuk mengatur secara manual pengaturan kamera seperti ISO, kecepatan rana, dan white balance.

Tip 4: Perpanjang daya tahan baterai

Mate 40E memiliki baterai berkapasitas besar yang dapat bertahan seharian penuh dengan sekali pengisian daya. Untuk memperpanjang daya tahan baterai, pengguna dapat mengaktifkan mode hemat daya yang akan membatasi penggunaan aplikasi dan fitur yang tidak penting. Pengguna juga dapat menonaktifkan fitur seperti GPS dan Bluetooth saat tidak digunakan.

Tip 5: Manfaatkan fitur asisten cerdas

Mate 40E dilengkapi dengan asisten cerdas yang dapat membantu pengguna melakukan berbagai tugas, seperti mengatur alarm, mengirim pesan, dan mencari informasi. Pengguna dapat mengaktifkan asisten cerdas dengan menekan tombol daya dua kali atau dengan mengucapkan perintah suara “Hi Celia”.

Dengan mengikuti tips ini, pengguna dapat memaksimalkan fitur dan kemampuan Huawei Mate 40E untuk meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Kesimpulan

Huawei Mate 40E merupakan ponsel pintar kelas menengah atas yang menawarkan fitur-fitur canggih dan performa mumpuni dengan harga yang terjangkau. Ponsel ini memiliki layar OLED 6,5 inci yang jernih dan tajam, prosesor Kirin 990E yang bertenaga dan efisien, serta RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB yang lega.

Selain itu, Mate 40E juga dilengkapi dengan sistem kamera belakang yang sangat baik, terdiri dari kamera utama 64MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera telefoto 8MP. Kamera depan 13MP-nya juga mampu menghasilkan foto selfie yang berkualitas tinggi. Baterai 4200mAh dan fitur pengisian cepat 40W memastikan daya tahan baterai yang lama dan pengisian daya yang cepat.

Secara keseluruhan, Huawei Mate 40E adalah pilihan yang tepat bagi pengguna yang mencari ponsel pintar dengan fitur-fitur lengkap, performa yang mumpuni, dan harga yang terjangkau. Ponsel ini sangat cocok untuk berbagai kebutuhan, mulai dari penggunaan sehari-hari hingga fotografi dan bermain game.

Leave a Comment