Pengertian Hukum: Dasar-dasar yang Perlu Sobat Express Ketahui

Sobat Express, apa kabar? Selamat datang di artikel kami yang akan membahas mengenai pengertian hukum. Dalam kehidupan sehari-hari, hukum memiliki peran yang sangat penting dan menjadi landasan untuk menjaga keadilan dalam masyarakat. Nah, jika Sobat Express penasaran tentang apa itu hukum dan pentingnya pemahaman akan konsep tersebut, yuk simak ulasan lengkapnya di artikel ini!

Hukum merupakan serangkaian peraturan dan norma yang diterapkan oleh pemerintah atau organisasi untuk mengatur perilaku individu maupun kelompok dalam suatu masyarakat. Tujuan dari hukum sendiri adalah untuk menjaga ketertiban sosial, keadilan, serta memberikan perlindungan bagi masyarakat. Dalam pengertian yang lebih luas, hukum juga dapat mencakup aturan-aturan yang berlaku dalam lingkup privat, seperti hukum perdata dan hukum pidana.

Pengertian Hukum: Perspektif Historis

Dalam sejarahnya, hukum telah ada sejak zaman dahulu kala. Konsep hukum ini telah berkembang seiring dengan perkembangan dan perubahan masyarakat. Dulu, hukum digunakan untuk mengatur kehidupan masyarakat agraris, sementara sekarang, hukum juga mengatur transaksi elektronik dan perkembangan teknologi informasi.

Pada masa kerajaan dan feodalisme, hukum sering kali bersifat adat atau kebiasaan yang dijalankan secara turun temurun. Pengertian hukum dalam konteks ini adalah aturan-aturan yang dibuat berdasarkan tradisi masyarakat. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, hukum pun mengalami transformasi. Hukum tertulis yang lebih terstruktur mulai ditegakkan sebagai landasan kehidupan bermasyarakat.

Pengertian Hukum: Sumber-Sumbernya

Hukum memiliki beberapa sumber yang menjadi dasar atau pijakan dalam proses pembuatannya. Berikut adalah beberapa sumber hukum yang umumnya digunakan:

Sumber Hukum Tertulis

Sumber hukum tertulis adalah jenis sumber hukum yang terdiri dari peraturan perundang-undangan yang ditulis dalam bentuk teks. Contoh dari sumber hukum tertulis adalah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, peraturan pemerintah, peraturan daerah, dan juga keputusan presiden.

Sumber Hukum Kebiasaan

Sumber hukum non-tertulis ini merujuk pada aturan-aturan yang dijalankan oleh masyarakat berdasarkan kebiasaan atau adat istiadat. Biasanya, sumber hukum kebiasaan ditemukan dalam masyarakat yang belum memiliki tata hukum tertulis yang kuat.

Sumber Hukum Konvensi Internasional

Sumber hukum ini berasal dari perjanjian dan kesepakatan antarnegara yang bersifat mengikat. Konvensi internasional ini memiliki pengaruh dalam pembuatan hukum di negara-negara yang menjadi anggota atau pihak yang terlibat dalam perjanjian tersebut.

Tabel Rincian Pengertian Hukum

No Subtopik Penjelasan
1 Hukum Publik Membahas hukum yang mengatur pengaturan negara dan warga negara.
2 Hukum Privat Mendiskusikan hukum yang mengatur hubungan antarindividu dalam masyarakat.
3 Hukum Perdata Memberikan penjelasan mengenai hukum yang mengatur hubungan pribadi dan perjanjian antara individu.

Pengertian Hukum dalam Pertanyaan Umum

Apa Pengertian Hukum secara Umum?

Hukum adalah kumpulan peraturan dan norma yang mengatur perilaku individu maupun kelompok dalam masyarakat, dengan tujuan untuk menjaga ketertiban sosial dan keadilan.

Apa Peran Hukum dalam Masyarakat?

Hukum memiliki peran penting dalam menjaga ketertiban sosial, melindungi hak dan kewajiban individu, serta memberikan keadilan bagi semua pihak.

Apa Perbedaan antara Hukum Publik dan Hukum Privat?

Hukum publik mengatur hubungan antara negara dan warga negara, sedangkan hukum privat mengatur hubungan antarindividu dalam masyarakat.

Apa yang Dimaksud dengan Hukum Perdata?

Hukum perdata adalah bagian dari hukum privat yang mengatur hubungan pribadi dan perjanjian antara individu, seperti perkawinan, perjanjian jual beli, dan harta warisan.

Apa Saja Sumber-Sumber Hukum yang Digunakan dalam Sistem Hukum Indonesia?

Sistem hukum Indonesia menggunakan beberapa sumber hukum, antara lain Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, peraturan perundang-undangan, hukum kebiasaan, dan konvensi internasional.

Bagaimana Proses Pembuatan Hukum di Indonesia?

Proses pembuatan hukum di Indonesia dimulai dari inisiatif untuk membuat atau mengubah undang-undang, kemudian melalui proses pembahasan dan persetujuan di lembaga legislatif, seperti DPR dan DPD, hingga ditandatanganinya undang-undang oleh presiden.

Apa yang Dimaksud dengan Pembagian Hukum Materiil dan Hukum Formil?

Hukum materiil berkaitan dengan substansi hukum itu sendiri, sedangkan hukum formil berkaitan dengan prosedur atau tata cara dalam mengatur atau menjalankan hukum tersebut.

Apa Fungsi Mahkamah Konstitusi di Indonesia?

Mahkamah Konstitusi memiliki fungsi sebagai lembaga penafsir Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pengawas terhadap pelaksanaan Undang-Undang Dasar, dan lembaga yang menyelesaikan perselisihan hasil pemilihan umum.

Apa Peran Pengacara dalam Proses Hukum?

Pengacara berperan sebagai penasehat hukum bagi klien, mewakili klien di pengadilan, dan memastikan bahwa hak-hak klien dihormati dan dijalankan sesuai dengan ketentuan hukum.

Apa yang Dimaksud dengan Putusan Hakim yang Memiliki Kekuatan Hukum Tetap?

Putusan hakim yang memiliki kekuatan hukum tetap adalah putusan yang tidak dapat diajukan banding atau kasasi lagi, sehingga menjadi putusan yang final dan mengikat para pihak yang terlibat.

Kesimpulan

Sobat Express, setelah membaca artikel ini, semoga Sobat Express mendapatkan pemahaman yang lebih jelas mengenai pengertian hukum. Hukum hadir dalam kehidupan sehari-hari dan berperan penting dalam menjaga ketertiban dan keadilan dalam masyarakat. Jika Sobat Express ingin mendalami lagi topik ini, jangan ragu untuk mengeksplor artikel-artikel lainnya di situs kami. Terima kasih telah membaca, Sobat Express!