Pengertian Wawancara: Rahasia Sukses dalam Komunikasi

Hai Sobat Express! Selamat datang di artikel ini yang akan membahas tentang pengertian wawancara. Apa sih sebenarnya wawancara itu? Bagi kamu yang penasaran atau sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi wawancara, jangan khawatir! Di sini, kita akan mengulas semua hal yang perlu kamu ketahui seputar pengertian wawancara. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Percaya atau tidak, wawancara adalah suatu proses yang penting dalam kehidupan kita. Baik itu dalam dunia kerja, akademik, maupun sosial, kemampuan berwawancara yang baik sangatlah berharga. Maka dari itu, pemahaman yang mendalam tentang pengertian wawancara akan memberikanmu pengetahuan dan kepercayaan diri yang lebih saat menghadapinya.

Pentingnya Mengerti Pengertian Wawancara

Manfaat Pengetahuan tentang Wawancara

Dengan memahami pengertian wawancara, kamu akan memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi berbagai situasi wawancara. Misalnya, saat melamar pekerjaan, wawancara menjadi tahap kritis dalam proses seleksi. Mengetahui bagaimana cara melakukan wawancara dengan baik dapat meningkatkan peluangmu untuk diterima.

Tidak hanya itu, pengertian wawancara juga bermanfaat ketika kamu ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang suatu topik dari para ahlinya. Melalui wawancara, kamu bisa mendapatkan wawasan baru dan pengetahuan yang lebih mendalam.

Tujuan dari Wawancara

Wawancara memiliki tujuan yang beragam tergantung pada konteks dan situasi di mana wawancara tersebut dilakukan. Beberapa tujuan umum dari wawancara antara lain:

  • Mendapatkan informasi yang akurat dan mendalam mengenai suatu topik atau isu tertentu.
  • Menguji kemampuan dan keterampilan seseorang dalam berkomunikasi.
  • Memperkenalkan diri atau presentasi dalam situasi tertentu, seperti wawancara kerja atau wawancara untuk kepentingan media.

Selanjutnya, yuk kita bahas mengenai teknik-teknik wawancara yang biasa digunakan!

Teknik-teknik dalam Wawancara

1. Wawancara Terstruktur

Wawancara terstruktur adalah jenis wawancara yang telah memiliki urutan pertanyaan yang ditentukan sebelumnya. Hal ini memungkinkan pewawancara untuk mengumpulkan data yang konsisten dan membandingkan jawaban dari berbagai responden secara sistematis.

Teknik ini umumnya digunakan dalam penelitian atau studi kasus yang membutuhkan analisis data secara lebih terperinci. Dengan menggunakan wawancara terstruktur, peneliti atau pewawancara dapat mengidentifikasi tren atau pola tertentu dari hasil wawancara.

2. Wawancara Tidak Terstruktur

Berbeda dengan wawancara terstruktur, wawancara tidak terstruktur tidak memiliki daftar pertanyaan yang telah ditentukan sebelumnya. Pewawancara membiarkan percakapan alami mengalir dan mengajukan pertanyaan sesuai dengan tanggapan dari responden.

Teknik ini sering digunakan dalam wawancara feature atau untuk tujuan hiburan. Dengan wawancara tidak terstruktur, pewawancara lebih fleksibel dalam mengekspresikan pertanyaan dan menjadi lebih responsif terhadap jawaban yang diberikan oleh responden.

3. Wawancara Mendalam

Wawancara mendalam dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pandangan, persepsi, nilai-nilai, dan pengalaman seseorang terkait suatu topik. Wawancara semacam ini biasanya berlangsung dalam suasana yang santai dan informal.

Umumnya, wawancara mendalam melibatkan pertanyaan terbuka yang memungkinkan responden untuk memberikan jawaban yang lebih rinci dan bebas. Hal ini memungkinkan pewawancara untuk menganalisis latar belakang, pemikiran, dan sikap responden secara lebih mendalam.

Tabel Perbandingan Teknik Wawancara

Teknik Wawancara Kelebihan Kekurangan
Wawancara Terstruktur Menghasilkan data yang konsisten dan sistematis Kurang fleksibel dalam menanggapi jawaban tak terduga
Wawancara Tidak Terstruktur Fleksibel dalam menanggapi jawaban tak terduga Sulit untuk membandingkan dan menganalisis data
Wawancara Mendalam Mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang responden Memakan waktu lebih lama dalam proses pelaksanaannya

Frequently Asked Questions (FAQ) tentang Pengertian Wawancara

1. Apa pengertian wawancara secara umum?

Secara umum, wawancara adalah proses komunikasi antara dua pihak yang melibatkan tanya jawab yang bertujuan untuk mendapatkan informasi, memperkenalkan diri, atau menguji kemampuan komunikasi.

2. Apa saja tujuan dari wawancara?

Tujuan dari wawancara antara lain untuk mendapatkan informasi mendalam, menguji komunikasi seseorang, dan memperkenalkan diri dalam situasi tertentu.

3. Bagaimana cara melakukan wawancara yang efektif?

Untuk melakukan wawancara yang efektif, penting untuk mempersiapkan pertanyaan sebelumnya, mendengarkan dengan baik, menjaga ekspresi dan postur tubuh yang ramah, dan mengajukan pertanyaan yang relevan.

4. Apa perbedaan antara wawancara terstruktur dan tidak terstruktur?

Perbedaan antara wawancara terstruktur dan tidak terstruktur terletak pada adanya daftar pertanyaan yang telah ditentukan sebelumnya dalam wawancara terstruktur, sementara dalam wawancara tidak terstruktur, pewawancara mengajukan pertanyaan sesuai tanggapan responden.

5. Apa itu wawancara mendalam?

Wawancara mendalam adalah jenis wawancara yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pandangan, nilai-nilai, dan pengalaman seseorang terkait suatu topik.

6. Siapa yang biasanya melakukan wawancara?

Wawancara bisa dilakukan oleh berbagai pihak, seperti pewawancara kerja, peneliti, wartawan, atau siapapun yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut dari orang lain.

7. Apa saja persiapan yang perlu dilakukan sebelum wawancara?

Persiapan yang perlu dilakukan sebelum wawancara antara lain adalah memahami tujuan wawancara, melakukan riset tentang topik yang akan dibahas, dan menyiapkan daftar pertanyaan yang relevan.

8. Bagaimana cara mengatasi rasa gugup saat wawancara?

Untuk mengatasi rasa gugup saat wawancara, kamu bisa melakukan latihan wawancara dengan berbagai teman atau keluarga, serta melakukan relaksasi sebelum wawancara dimulai.

9. Apa tips agar berhasil dalam wawancara kerja?

Beberapa tips agar berhasil dalam wawancara kerja antara lain adalah melakukan riset tentang perusahaan, mempersiapkan contoh jawaban untuk pertanyaan umum, dan berpakaian dengan rapi dan sopan.

10. Setelah wawancara, apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan?

Setelah wawancara, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengirimkan ucapan terima kasih kepada pewawancara dan menunggu kabar selanjutnya.

Kesimpulan

Nah, Sobat Express, itulah sekilas pengertian wawancara dan beberapa hal terkait yang perlu kamu ketahui. Mengerti apa itu wawancara dan teknik-teknik yang dapat digunakan akan memberikanmu keunggulan dalam berbagai situasi kehidupan.

Jangan berhenti disini! Pastikan kamu membaca artikel-artikel lainnya di platform kami untuk pengetahuan dan wawasan yang lebih luas. Terima kasih telah mengunjungi, Sobat Express! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!