Home > Tips > Sebenarnya Pengiriman Ekspedisi dan Kargo Sama Gak, Sih?

Sebenarnya Pengiriman Ekspedisi dan Kargo Sama Gak, Sih?

By Marketing | November 26th 2019, 07:09:25 PM

Perusahaan pengiriman terus berlomba-lomba mengeluarkan berbagai jenis layanan agar dapat memenuhi kebutuhan para pebisnis online. Mulai dari pengiriman regular sampai pengiriman same day yang setahun kebelakang hingga hari ini menjadi primadona di hampir seluruh perusahaan jasa pengiriman. Bahkan setiap perusahaan pengiriman saling bersaing tanpa ragu memberikan value dan keuntungan berbeda dari layanan pengiriman same day dalam menarik minat pelanggan. Sebelum adanya pengiriman same day, kita tentunya sudah lebih familiar dengan pengiriman ekspedisi regular dan pengiriman kargo. Dalam artikel kali ini, JX mau mengingatkan kamu kembali dengan pengiriman ekspedisi dan pengiriman kargo sebelum kita lanjut membahas pengiriman same day.

Pada dasarnya sih, kedua jenis pengiriman ini memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mengirim barang, baik berupa dokumen maupun barang atau paket. Perbedaannya terletak pada jumlah muatan atau kapasitas barang yang dikirim dalam satu kali pengiriman. Pengiriman ekspedisi merupakan pengiriman barang dalam skala yang relatif kecil. Kebalikannya, pengiriman kargo merupakan pengiriman dalam skala besar. Dari penjelasan singkat tersebut, kita bisa melihat bahwa hal yang membedakan kedua jenis pengiriman ini adalah jenis layanan yang diberikan bagi kelompok usaha. Simak penjelasan lengkapnya pada poin di bawah ini ya, Guys.

1.    Pengiriman Ekspedisi

Pengiriman ekspedisi biasanya enggak memperhatikan pada minimal berat. Barang yang beratnya satu kilogram pun bisa dikirim melalui pelayanan pengiriman ekspedisi. Konsumen yang ingin menggunakan layanan ini biasanya dapat datang langsung ke cabang gerai perusahaan pengiriman dan membawa barang yang akan dikirim atau juga meminta kurir jasa pengiriman untuk menjemput barangnya di tempat, karena biasanya pengiriman ekspedisi memberikan layanan door to door untuk konsumennya. Tarif ongkos kirim dari pengiriman ekspedisi ditentukan berdasarkan berat per kilogram.

 

2.    Pengiriman Kargo

Seperti yang dijelaskan di atas, pengiriman kargo memang lebih mekankan kepada pengiriman dalam jumlah yang sangat besar. Pada umumnya, minimum berat yang masuk ke dalam kategori pengiriman kargo adalah barang yang mencapai 10 kilogram atau 50 kilogram. Keuntungan menggunakan jasa pengiriman kargo adalah harga ongkos kirimnya yang terbilang lebih murah dibandingkan dengan tarif pengiriman ekspedisi. Jika kamu memilih menggunakan pengiriman kargo, hal yang perlu diingat adalah terkadang perusahaan pengiriman kargo enggak memberikan layanan jemput paket di tempat. Jadi, kamu perlu mengantar barangmu sendiri ke tempat jasa pengiriman.

 

Trik menggunakan layanan pengiriman kargo:

Kalau kamu pengin menggunakan jasa pengiriman kargo tetapi barang yang dikirim belum memenuhi kuota minimum berat, kamu bisa mengajak teman seller-mu buat join kirim bareng dengan barang punyamu. Ongkos kirimnya bisa dibagi dua dan jadinya lebih murah lagi, deh! ;-)

Pengiriman kargo memang sangat cocok untuk kamu yang biasa melakukan pengiriman dalam jumlah besar, seperti pebisnis grosiran. Sekarang JX sudah punya layanan pengiriman kargo, lho! Kami tetap bisa pick-up gratis di tempatmu dengan harga yang sangat kompetitif dengan jasa pengiriman kargo lainnya. Penasaran? Yuk, kunjungi https://www.j-express.id/business-register untuk info lebih lengkapnya!


******

Apa artikel ini bermanfaat bagimu? Bagikan artikel ini kepada yang lain jika menurutmu sangat inspiratif. Temukan lebih banyak lagi tips dan update tentang bisnis online lainnya hanya di website JX. Dan daftarkan segera toko online-mu untuk mendapatkan kemudahan pengiriman dan COD di: https://www.j-express.id/business-register 

More from Tips